Merapkan Nilai-nilai Pancasila 

Hadiri Peresmian Kampung Pancasila, Begini Kata Camat Pekanbaru Kota 

Camat Pekanbaru Kota Rein Rizka Karvy S.STP M.Si, saat menghadiri peresmian kampung Pancasila,Jumat (11/3/2022 

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Camat Pekanbaru Kota Rein Rizka Karvy S.STP M.Si menghadiri peresmian kampung pancasila yang diresmikan Danrem 031/WB, Brigjen TNI Inf Parlindungan Hutagalung yang dipusatkan wilayah Kodim 0301/Pekanbaru, di halaman Mesjid Agung An-Nur yang diikuti seluruh jajaran Kodim se Riau, Jumat (11/03/2022).

Dalam kesempatan itu, Rein Rizka Karvy menjelaskan bahwa Kecamatan Pekanbaru Kota terdiri dari multi etnis, agama, dan budaya namun tetap damai dan saling menghormati. Dimana keberagaman yang ada ini diharapkan menjadi kekuatan dan kekayaan bagi masyarakat.

Rein mengungkapkan dengan diresmikannya kampung Pancasila diharapkan dapat meningkatkan semangat masyarakat untuk menghayati nilai-nilai luhur bangsa dan negara serta pengamalan Pancasila.

 "Sehingga Pancasila tidak sekadar menjadi slogan saja. Tetapi, harus dapat diimplementasikan dalam cara berpikir dan berperilaku yang baik," ungkap Rein. 

Sementara itu, Danrem 031/WB Brigjen TNI Inf Parlindungan Hutagalung mengatakan bahwa program Kampung Pancasila ini merupakan kebijakan dari bapak Kasad AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. yang disampaikan melalui bapak Panglima TNI Jenderal TNI Muhammad Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil, Ph.D. kepada Danrem seluruh jajaran Kodam I Bukit Barisan untuk membentuk Kampung Pancasila.

“Perkembangan teknologi membawa kita mudah mendapatkan informasi dari-dari dunia luar, informasi-informasi tersebut bisa dikatakan tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia. 

Bila dibiarkan maka akan bisa merusak nilai-nilai kebangsaan. Oleh Karena itu kita harus menjaga nilai-nilai kebangsaan nasionalisme ini agar tidak dihancurkan oleh paham dari luar, maka itu pimpinan TNI AD meluncurkan Kampung Pancasila,” tegas Danrem. 

Dengan adanya percontohan Kampung Pancasila di setiap Kodim jajaran Korem 031/WB, dapat memberikan contoh-contoh kepada masyarakat untuk menerapkan nilai-nilai pancasila di masyarakat, seperti gotong royong dan lain-lain.

“Diharapkan dengan adanya Kampung Pancasila di Provinsi Riau ini dapat memberikan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme yang menjadi bagus lagi. Dengan begitu,  kondifitas wilayah kita harapkan tidak akan terjadi gesekan dari pengaruh-pengaruh luar,” tutur Danrem.

Hal senada juga dikatakan Dandim 0301/Pekanbaru Letkol Inf Nur Rohman Zein, SE.,MM kepada wartawan, inti dari peresmian Kampung Pancasila memunculkan lagi nilai-nilai pancasila, khususnya Kebhinekaan Tunggal Ika. Dimana semua sudah dirangkaikan dari karya bakti, mempermudah masyarakat untuk vaksinasi dan lain-lain.

“Semua ini bertujuan untuk membangkitkan lagi nilai-nilai wawasan kebangsaan, kesatuan dan persatuan yang ada di Pekanbaru pada khususnya,” kata Dandim.

Dandim menambahkan, hari ini Danrem 031/WB meresmikan Kampung Pancasila di Kota Pekanbaru yang serentak di seluruh jajaran Korem 031/WB.

“Untuk Pekanbaru kita lihat secara garis besar masih kondusif, akan tetapi gerak-gerakan radikalisme yang ada di Indonesia ini selalu tenang. Namun salah satu cara menangkal radikalisme tersebut dengan pengamalan nilai-nilai pancasila yang ada di Indonesia. Jika semua mengamalkan nilai-nilai pancasila tersebut radikalisme akan hilang sendirinya,” tutup Dandim. (Kim).


Berita Lainnya...

Tulis Komentar